Forum Diskusi Sikap Kerja
Dear Mahasiswaku...
Diskusikan dalam kelompok apa yang Anda maksud dengan sikap kerja, berikan contoh sikap kerja yang baik dan tidak baik dilingkungan kerja Anda, Selamat berdiskusi...
Diskusikan dalam kelompok apa yang Anda maksud dengan sikap kerja, berikan contoh sikap kerja yang baik dan tidak baik dilingkungan kerja Anda, Selamat berdiskusi...
Salam
SIKAP KERJA
by me 021617803 - Kamis, 5
Maret 2015, 04:27
1. Sikap kerja adalah
bentuk ungkapan perasaan seseorang terhadap pekerjaan baik ungkapan bernada
positif maupun negatif, secara umum bisa diartikan sebagai sikap karyawan
terhadap sebuah pekerjaan. Sikap mempengaruhi perilaku seseorang terhadap
obyek, orang atau situasi yang spesifik.
2. Contoh sikap
kerja yang baik adalah :
* Cepat dan mudah beradaptasi dengan menjaga hubungan baik
dengan teman kerja serta pimpinan, memberikan pengaruh positif serta kenyamanan
di lingkungannya.
* Mematuhi semua peraturan organisasi atau tempat kerja, serta
disiplin dalam segala hal baik dalam menyelesaikan pekerjaan dan lain - lain.
* Bertanggung jawab, mempunyai loyalitas dan dedikasi tinggi
terhadap pekerjaan dan menjaga nama baik organisasi atau tempat kerja.
* Lepas dari apakah individu tersebut menyukai pekerjaan dan
tanggung jawabnya, kesesuaian gaji yang diterima, sikap lingkungan terhadapnya
baik teman kerja maupun pimpinan, tiap individu harus mempunyai sikap kerja
yang baik, jika merasa tidak puas atau nyaman bisa dbicarakan dengan baik -
baik.
3. Contoh sikap
kerja yang tidak baik adalah :
* Cuek terhadap lingkugan sekitar atau lebih buruk lagi jika
membawa pengaruh buruk terhadap lingkungannya, misal suka bergosip, berburuk
sangka, menjadi provokator dan lain - lain.
* Melanggar peraturan organisasi atau tempat kerja dan bekerja
seenaknya.
* Tidak bertanggung jawab pada pekerjaannya bahkan menjelek - jelekkan organisasi atau tempat kerjanya karena tidak puas.
Tugas Pertama
Jawablah pertanyaan di bawah ini secara ringkas, padat dan cerdas.
1. Jelaskan keterkaitan anatara manajemen dengan perilaku organisasi.
2. Berikan gambaran tentang kepribadian mana yang dituntut organisasi atas
kesesuaiannya dengan jenis pekerjaan!
2. Apakah kepribadian dapat berubah, ketika seseorang memasuki organisasi
baru?
1. Jelaskan keterkaitan anatara manajemen dengan perilaku organisasi.
2. Berikan gambaran tentang kepribadian mana yang dituntut organisasi atas
kesesuaiannya dengan jenis pekerjaan!
2. Apakah kepribadian dapat berubah, ketika seseorang memasuki organisasi
baru?
JAWABAN TUGAS PERTAMA
1. Keterkaitan antara
manajemen dengan perilaku organisasi, perilaku
organisasi adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari bagaimana seharusnya
perilaku individu, tingkat kelompok, serta dampaknya terhadap kinerja baik
individual, kelompok maupun organisasi. Dengan mempelajari perilaku organisasi
terutama seorang manajer maka akan membantu untuk bisa mengidentifikasikan
masalah, menentukan bagaimana cara mengkoreksi serta mengetahui perubahan yang
terjadi, dengan demikian maka bisa dijadikan acuan untuk menentukan keputusan
dalam mencapai tujuan orgnisasi, karena manajemen merupakan pendayagunaan
sumber daya manusia dengan cara - cara yang bak untuk mencapai tujuan
organisasi.
2. Gambaran tentang
kepribadian yang dituntut organisasi atas kesesuaiannya dengan jenis pekerjaan
adalah tergantung kepada organisasi atau manajemen membutuhkan
seseorang yang bagaimana. Teori Holland menyebutkan bahwa manusia terbagi dalam
6 kepribadian, diantaranya :
- Realistic (menyukai
aktivitas kerja yang bersifat praktis, cepat menangkap masalah dan mencari
solusinya daripada pekerjaan yang banyak melibatkan orang lain, misalnya
mekanik, operator, petani, dan lain - lain)
- Investigative (menyukai
aktivitas kerja yang lebih banyak membutuhkan pemikiran mendalam daripada
ativitas kerja fisik, misalnya ahli ekonomi, ahli biologi, dan lain - lain)
- Artistic (menyukai
aktivitas kerja yang berhubungan dengan sisi artistic dari sesuatu hal / banda
/ obyek, menyukai mengekspresikan diri dalam pekerjaan dan tidak suka bekerja
di bawah aturan, misalnya pemusik, penulis, desainer dan lain - lain.
- Social (menyukai
aktivitas yang berhubungan dengan individu lainnya, suka membantu, dan suka
berkomunikasi dengan orang lain daripada obyek seperti mesin atau data,
misalnya psikologi, konselor, guru, dan lain - lain.
- Enterprising (menyukai aktivitas
kerja yang bersifat memulai atau membangun sesuatu dari awal, suka tantangan,
suka meyakinkan dan memimpin orang lain serta suka mengambil keputusan,
misalnya pengacara, humas dan lain - lain.
- Conventional (menyukai
aktivitas kerja dengan aturan main yang jelas, menyukai prosedur dan
standarisasi kerja serta tidak bermasalah dengan rutinitas, patuh, efisien,
praktis, tidak imajinatif dan tidak fleksibel, misalnya akuntan, kasir, manajer
perusahaan dan lain - lain.
3. Apakah kepribadian
seseorang ketika memasuki organisasi yang baru bisa berubah ? Kepribadian
menurut wikipedia adalah keseluruhan cara seseorang individu bereaksi dan
berinteraksi dengan individu lain. Kepribadian paling sering dideskripsikan
dalam istilah sifat yang bisa diukur yang ditunjukkan oleh seseorang. Faktor
penentunya adalah keturunan dan lingkungan. ketika seseorang memasuki
organisasi yang baru maka mau tidak mau atau suka tidak suka maka ia wajib
untuk memenuhi segala peraturan dan melaksanakan kewajibannya sesuai kesepakatan
di awal mereka bergabung. Jika mereka merasa mampu untuk menyesuaikan diri
meskipun berbeda dengan kepribadiannya itu tidak masalah, tetapi akan lebih
menyenangkan jika seseorang bisa senang dan nyaman dalam bekerja jika pekerjaan
tersebut sesuai dengan kepribadiannya, yang secara otomatis akan berpengaruh
pada hasil kinerjanya. Jadi menurut pendapat saya dalam organisasi atau
perusahaan kepribadian seseorang memang harus dituntut untuk berubah sesuai
peraturan organisasi atau perusahaan jika mempunyai kepribadian yang berbeda,
hal ini harus mereka tunjukkan melelui sikap kerja yang positif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar