SEMESTER 1

Rabu, 25 Maret 2015

DISKUSI 3 & TUGAS 1b

Forum Diskusi
Jelaskan sejauhmana persepsi terkait dengan
1. Pembuatan keputusan individual
2. Pengambilan keputusan dalam organisasi.

Silakan Anda berdiskusi di dalam kelas ini....

Selamat berdiskusi

RE DISKUSI
by me 021617803 - Saturday, 21 March 2015, 4:51 AM

Peranan Persepsi dalam pembuatan dan pengambilan keputusan :
Persepsi adalah suatu proses pengorganisasian dan interpretasi kasan - kesan sensorik (panca indra) untuk menjadikan sesuatu hal, menjadi memiliki makna (arti). Keputusan - keputusan dan kualitas penetapan akhir individual dalam suatu organisasi, sebagian besar diengaruhi olehpersepsi
1. Dalam pembuatan keputusan individual, persepsi sangat berpengaruh karena akan terlihat dari kualitas - kualitasnya dalam menyelesaikan masalah. Individu akan menyaring, memproses dan menginterpretasikan data - data sesuai persepsinya yang kemudian akan dibuat keputusan. 
2. Dalam pengambilan keputusan pada suatu organisasi, persepsi hampir sama peranannya seperti pada individu, hanya saja lebih luas cakupannya karena akan melibatkan banyak individu yang tentunya masing - masing individu mempunyai persepsi yang berbeda - beda, karena seperti kita ketahui bahwa persepsi dipengaruhi oleh faktor psikologi, faktor keluarga serta faktor budaya dari masing - masing individu

Tugas Pertama

Jawablah pertanyaan berikut secara singkat, padat dan cerdas...jika Anda mengalami kesulitan, sebaiknya diskusikan dengan teman sekelas Anda
1. Apakah hubungan antara:
- Kepuasaan kerja dan ketidakhadiran (absensi) pegawai?
- Kepuasan kerja dan pengunduran diri pegawai?
- Hubungan manakah yang lebih kuat?
2. "Pimpinan perusahaan hendaknya melakukan segala yang dapat mereka
lakukan untuk meningkatkan kepuasaan kerja pegawai". Apakah Anda
sependapat dengan pernyataan tersebut? Berikan alasannya...
3. Berikan persepsi kita tentang tindakan kita sendiri bisa berbeda dari
persepsi kita tentang tindakan orang lain?
Selamat mengerjakan....

JAWABAN :
1. Apakah hubungan antara :
Kepuasan kerja dan ketidakhadiran (absensi) pegawai, menurut saya tidak ada hubungannya sama sekali karena ketidakhadiran bersifat spontan dan tidak mencerminkan ketidakpuasan kerja. Kepuasan kerja sangat berpengaruh atau berhubungan erat dengan produtivitas kerja. Dan faktor ketidakhadiran adalah motivasi untuk hadir dan kemampuan untuk hadir.
Kepuasan kerja dan pengunduran diri pegawai, Kepuasan kerja mempunyai hubungan timbal balik dengan produktivitas kerja. Sedangkan pengunduran diri pegawai atau berhenti bekerja bisa dikarenakan tidak adanya kepuasan kerja. Tetapi lain halnya jika pengunduran diri tersebut karena keterpaksaan keadaan, misal ikut pasangan pindah atau ada masalah keluarga lainnya. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa ada hubungan antara kepuasan kerja dan pengunduran diri pegawai meskipun tidak mutlak.
- Dari dua keadaan diatas, dapat disimpulkan bahwa hubungan kepuasan kerja dan pengunduran diri pegawai lebih kuat dari kepuasan kerja dan ketidakhadiran (absensi) pegawai.
2. Saya kurang sependapat dengan Pernyataan bahwa "Pimpinan perusahaan hendaknya melakukan segala yang dapat mereka lakukan untuk meningkatkan kepuasan kerja pegawai", tentunya akan lebih nyaman dan lingkungan pekerjaan akan berjalan kondusif jika adanya keseimbangan. Pimpinan dan karyawan saling mengerti dan memahami posisi masing - masing, Melakukan kewajiban untuk mendapatkan haknya. Saling mengisi dan berbagi.
3.  Persepsi kita tentang tindakan kita sendiri bisa berbeda dari persepsi kita tentang tindakan orang lain, karena ada faktor - faktor yang mempengaruhi perkembangan persepsi seseorang, antara lain :
- Psikologi ( fisik dan kejiwaan )
- Famili (keluarga dengan kebiasaan yang turun temurun)
- Kebudayaan (tradisi lingkungannya)
Persepsi bisa diartikan sebagai proses kognitif yang memungkinkan seseorang menerima, menyeleksi, menginterpretasikan, memahami dan memaknai stimulus yang berasal dari lingkungan sekitar. 
Dengan memperhatikan arti dari persepsi dan faktor - faktor yang memengaruhiya, maka persepsi kita bisa saja akan berbeda dengan persepsi orang lain.

Terima kasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar