SEMESTER 1

Rabu, 25 Maret 2015

DISKUSI 1 DAN TUGAS 1a

Forum Diskusi Sikap Kerja

Dear Mahasiswaku...
Diskusikan dalam kelompok apa yang Anda maksud dengan sikap kerja, berikan contoh sikap kerja yang baik dan tidak baik dilingkungan kerja Anda, Selamat berdiskusi...

Salam

SIKAP KERJA

by me 021617803 - Kamis, 5 Maret 2015, 04:27

1. Sikap kerja adalah bentuk ungkapan perasaan seseorang terhadap pekerjaan baik ungkapan bernada positif maupun negatif, secara umum bisa diartikan sebagai sikap karyawan terhadap sebuah pekerjaan. Sikap mempengaruhi perilaku seseorang terhadap obyek, orang atau situasi yang spesifik.
2. Contoh sikap kerja yang baik adalah :
* Cepat dan mudah beradaptasi dengan menjaga hubungan baik dengan teman kerja serta pimpinan, memberikan pengaruh positif serta kenyamanan di lingkungannya.
* Mematuhi semua peraturan organisasi atau tempat kerja, serta disiplin dalam segala hal baik dalam menyelesaikan pekerjaan dan lain - lain.
* Bertanggung jawab, mempunyai loyalitas dan dedikasi tinggi terhadap pekerjaan dan menjaga nama baik organisasi atau tempat kerja.
* Lepas dari apakah individu tersebut menyukai pekerjaan dan tanggung jawabnya, kesesuaian gaji yang diterima, sikap lingkungan terhadapnya baik teman kerja maupun pimpinan, tiap individu harus mempunyai sikap kerja yang baik, jika merasa tidak puas atau nyaman bisa dbicarakan dengan baik - baik.
3. Contoh sikap kerja yang tidak baik adalah :
* Cuek terhadap lingkugan sekitar atau lebih buruk lagi jika membawa pengaruh buruk terhadap lingkungannya, misal suka bergosip, berburuk sangka, menjadi provokator dan lain - lain.
* Melanggar peraturan organisasi atau tempat kerja dan bekerja seenaknya.

* Tidak bertanggung jawab pada pekerjaannya bahkan menjelek - jelekkan organisasi atau tempat kerjanya karena tidak puas.

Tugas Pertama

Jawablah pertanyaan di bawah ini secara ringkas, padat dan cerdas.

1. Jelaskan keterkaitan anatara manajemen dengan perilaku organisasi.

2. Berikan gambaran tentang kepribadian mana yang dituntut organisasi atas
kesesuaiannya dengan jenis pekerjaan!

2. Apakah kepribadian dapat berubah, ketika seseorang memasuki organisasi
baru?

JAWABAN TUGAS PERTAMA
1. Keterkaitan antara manajemen dengan perilaku organisasi, perilaku organisasi adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari bagaimana seharusnya perilaku individu, tingkat kelompok, serta dampaknya terhadap kinerja baik individual, kelompok maupun organisasi. Dengan mempelajari perilaku organisasi terutama seorang manajer maka akan membantu untuk bisa mengidentifikasikan masalah, menentukan bagaimana cara mengkoreksi serta mengetahui perubahan yang terjadi, dengan demikian maka bisa dijadikan acuan untuk menentukan keputusan dalam mencapai tujuan orgnisasi, karena manajemen merupakan pendayagunaan sumber daya manusia dengan cara - cara yang bak untuk mencapai tujuan organisasi.
2. Gambaran tentang kepribadian yang dituntut organisasi atas kesesuaiannya dengan jenis pekerjaan adalah tergantung kepada organisasi atau manajemen membutuhkan seseorang yang bagaimana. Teori Holland menyebutkan bahwa manusia terbagi dalam 6 kepribadian, diantaranya :
- Realistic (menyukai aktivitas kerja yang bersifat praktis, cepat menangkap masalah dan mencari solusinya daripada pekerjaan yang banyak melibatkan orang lain, misalnya mekanik, operator, petani, dan lain - lain)
- Investigative (menyukai aktivitas kerja yang lebih banyak membutuhkan pemikiran mendalam daripada ativitas kerja fisik, misalnya ahli ekonomi, ahli biologi, dan lain - lain)
- Artistic (menyukai aktivitas kerja yang berhubungan dengan sisi artistic dari sesuatu hal / banda / obyek, menyukai mengekspresikan diri dalam pekerjaan dan tidak suka bekerja di bawah aturan, misalnya pemusik, penulis, desainer dan lain - lain.
- Social (menyukai aktivitas yang berhubungan dengan individu lainnya, suka membantu, dan suka berkomunikasi dengan orang lain daripada obyek seperti mesin atau data, misalnya psikologi, konselor, guru, dan lain - lain.
- Enterprising (menyukai aktivitas kerja yang bersifat memulai atau membangun sesuatu dari awal, suka tantangan, suka meyakinkan dan memimpin orang lain serta suka mengambil keputusan, misalnya pengacara, humas dan lain - lain.
- Conventional (menyukai aktivitas kerja dengan aturan main yang jelas, menyukai prosedur dan standarisasi kerja serta tidak bermasalah dengan rutinitas, patuh, efisien, praktis, tidak imajinatif dan tidak fleksibel, misalnya akuntan, kasir, manajer perusahaan dan lain - lain.
3. Apakah kepribadian seseorang ketika memasuki organisasi yang baru bisa berubah ? Kepribadian menurut wikipedia adalah keseluruhan cara seseorang individu bereaksi dan berinteraksi dengan individu lain. Kepribadian paling sering dideskripsikan dalam istilah sifat yang bisa diukur yang ditunjukkan oleh seseorang. Faktor penentunya adalah keturunan dan lingkungan. ketika seseorang memasuki organisasi yang baru maka mau tidak mau atau suka tidak suka maka ia wajib untuk memenuhi segala peraturan dan melaksanakan kewajibannya sesuai kesepakatan di awal mereka bergabung. Jika mereka merasa mampu untuk menyesuaikan diri meskipun berbeda dengan kepribadiannya itu tidak masalah, tetapi akan lebih menyenangkan jika seseorang bisa senang dan nyaman dalam bekerja jika pekerjaan tersebut sesuai dengan kepribadiannya, yang secara otomatis akan berpengaruh pada hasil kinerjanya. Jadi menurut pendapat saya dalam organisasi atau perusahaan kepribadian seseorang memang harus dituntut untuk berubah sesuai peraturan organisasi atau perusahaan jika mempunyai kepribadian yang berbeda, hal ini harus mereka tunjukkan melelui sikap kerja yang positif. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar